Rabu, 21 November 2012

Tahukah Anda 24 Buah Tersehat di Dunia??

 


Tahukah Anda 24 Buah Tersehat di Dunia??- Dalam kehidupan kita sehari- hari, buah adalah asupan gizi yang sama sekali tak boleh dilupakan. Selain karena rasanya yang sangat nikmat, buah kaya akan asupan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Setiap buah memiliki asupan nutrisi dan vitamin yang berbeda untuk tubuh kita. Ada beberapa buah yang memperoleh sebutan sebagai buah super karena khasiatnya yang luar biasa jika dikonsumsi secara langsung atau tidak diolah lagi, seperti yang dikutip dari Keri Glassman, penulis buku “Slim Calm Sexy Diet”. Para ahli juga menyarankan agar buah- buahan super berikut ini dikonsumsi 5-9 porsi dalam sehari.
buah sehat, acai berry
Acai Berry


1.     Acai Berry
Acai berry adalah buah asli dari Brazil yang kaya akan anti oksidan. Selain itu, buah acai berry memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih tinggi daripada jenis buah berry lainnya.

2.     Apel
Selain kaya akan serat, buah apel kaya akan kandungan quercetin yang dapat melindungi Anda dari penyakit jantung dan alergi. Menurut sebuah studi di St. George Hospotal Medical School di London, orang yang makan lima atau lebih buah apel per hari akan memiliki fungsi paru- paru yang lebih baik.

3.     Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol baik. Lemak sehat yang terdapat dalam alpukat membantu penyerapan beta karoten dan likopen yang berperan penting bagi kesehatan jantung.

4.     Pisang
Buah pisang kaya akan kalium yang sangat baik menurunkan tekanan darah. Selain itu, pisang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik dan menyehatkan pencernaan.

5.     Blackberry
Selain kaya akan antioksidan, Blackberry juga banyak mengandung yang dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung, kanker dan osteoporosis.

6.     Blueberry
Sebuah riset membuktikan bahwa kadar flavonoid tinggi pada blueberry mampu menjaga fungsi otak seiring dengan pertumbuhan usia. Bila blueberry ini dikonsumsi secara rutin, maka perempuan dapat memperlambat proses penuaannya hingga 2,5 tahun. Buah ini juga penting dalam proses metabolism karena kaya akan mangan.

7.     Blewah
Buah blewah kaya akan kandungan vitamin A dan turunannya yang dapat meningkatkan reproduksi sel pada tubuh. Jika Anda ingin memiliki kulit cerah dan tampak lebih muda, maka blewah adalah salah satu buah yang disarankan untuk menjadi konsumsi rutin Anda.

buah sehat, ceri
Ceri
8.     Buah Ceri
Buah ceri kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, trigliserida rendah, dan mengurangi kolesterol. Sebuah penelitian di University of Michigan membuktikan bahwa ceri dapat menurunkan peradangan pembuluh darah sampai 50 persen. Ceri juga sangat baik untuk menurunkan berat badan dan kadar kolesterol.

9.     Jeruk Nipis
Jeruk nipis adalah salah satu sumber vitamin C yang terbaik. Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, jeruk nipis bekerja memperbaiki kerusakan pada tubuh akibat paparan sinar matahari, mengatur kelenjar minyak dan mencegah bintik- bintik tanda penuaan.

10.  Cranberries
Cranberries dapat mencegah infeksi saluran kencing dan membantu melawan kanker ovarium. Selain itu, cranberries juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas obat kemoterapi.

11.  Buah Naga
Buah naga memiliki kandungan asam lemak esensial yang tidak dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan asam folat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.

12.  Anggur
Anggur kaya akan kandungan reveratrol, yaitu sebuah zat super yang terkandung dalam antioksidan. Resveratrol bukan hanya menyehatkan jantung, tapi juga dapat melambatkan penyakit Alzheimer dengan cara mengalahkan sel- sel kanker di kepala dan leher.

13.  Jeruk Grapefruit
Jeruk grapefruit adalah buah keluarga jeruk yang memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol jahat, menghambat kerja enzim di dinding usus yang memperlambat masuknya obat ke aliran darah.

14.  Kiwi
Buah kiwi sangat baik untuk organ pencernaan. Selain itu, kiwi juga sangat baik untuk kulit karena kaya akan serat dan memiliki kandungan prebiotik karbohidrat kompleks.

15.  Jeruk
Buah jeruk adalah buah sehat yang sangat mudah sekali ditemukan di berbagai tempat. Buah ini sangat baik untuk system kekebalan tubuh karena merupakan sumber serat,  kalium, kalsium, vitamin C, vitamin B dan folat.

16.  Pepaya
Buah papaya kaya akan vitamin C dan merupakan sumber vitamin A dan E, yang merupakan pelindung tubuh dari penyakit jantung dan kanker usus besar.

17.  Nanas
Nanas mengandung bromelain, yang merupakan enzim pencerna yang membantu memecah makanan untuk mengurangi kembung dalam perut.

18.  Plum
Plum mengandung antioksidan yang disebut dengan asam chlorogenic. Menurut para peneliti dari Prancis, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah plum dapat menurunkan perilaku cemas.

19.  Delima
Delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan menurut survey, kandungan antioksidan yang terdapat di buah delima jauh lebih tinggi daripada anggur merah.

20.  Buah Labu
Labu adalah jenis buah yang kaya akan beta karoten. Kandungan betakaroten in dapat membantu mencegah penyakit tekanan darah tinggi bila dikombinasikan dengan makanan yang mengandung kalium.

21.  Rasberry
buah sehat, raspberry
Raspberry
Bukan hanya kaya akan serat, rasberry adalah sumber vitamin C dan mangan yang baik.

22.  Strawberry
Bukan hanya nikmat dikonsumsi dalam keadaan utuh maupun olahan, strawberry memiliki cukup banyak kandungan nutrisi. Buah ini kaya akan vitamin C dan asam folat yang membantu melindungi jantung. Selain itu, buah strawberry juga dapat memutihkan gigi secara alami.

23.  Tomat
Buah tomat kaya akan kandungan antioksidan yang disebut likopen. Selain itu, tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kalium dan serat, serta kalori yang rendah.

24.  Semangka
Sama seperti tomat, semangka juga memiliki kandugan likopen yang tinggi dan berjumlah dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan tomat. Selain itu tomat merupakan sumber vitamin A dan C.


Dikutip dari: -          Did You Know 24 Healthiest Fruits in The World??

Tidak ada komentar:
Write comments