Rabu, 21 November 2012

Otak Manusia Lebih Cerdas Daripada Komputer Dalam 5 Hal

 

Otak Manusia Lebih Cerdas Daripada Komputer Dalam 5 Hal- Seiring dengan canggihnya perkembangan dunia teknologi, kebutuhan akan komputer dalam kehidupan manusia merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Saat ini, hampir semua pekerjaan manusia, mulai dari penghitungan, pembuatan laporan, bahkan hingga pembuatan data sederhana pun membutuhkan bantuan komputer. Komputer memang canggih, karena dapat melakukan tugas- tugasnya dengan lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan otak manusia.


otak manusia, komputer, cerdas

Dalam melakukan tugasnya, komputer dapat menghitung miliaran operasi per detik dan mengakses informasi yang tersimpan dalam memori dalam waktu yang sangat singkat. Wah, berarti otak komputer lebih canggih segala- galanya daripada otak manusia ya?? Tidak juga! Kita perlu berbangga hati karena ternyata otak manusia memiliki kecerdasan yang lebih daripada komputer dalam beberapa hal. Dikutip dari MNN pada 30.07.2012, terdapat 5 hal yang dapat dilakukan otak manusia lebih baik daripada otak komputer. Lima hal tersebut antara lain  sebagai berikut :

1.     Bermain Go atau Catur Cina
Go atau yang lebih dikenal dengan sebutan Catur Cina adalah jenis permainan catur yang dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan papan Go, berukuran 19x19 petak. Terdapat ratusan taktik pada permainan ini untuk dapat menjatuhkan lawannya. Permainan Go ini juga dapat dimainkan pada komputer. Dalam permainan ini, otak komputer tidak dapat menyaingi otak manusia karena ternyata otak manusi dapat bekerja lebih baik dan mampu mematahkan langkah yang diambil oleh komputer.

2.     Memecahkan  Teka- Teki Silang
Seorang ahli dan pembuat teka- teki silang di Harian New York Times, Will Shortz, pada akhir tahun 1990 menyatakan bahwa komputer tidak  akan pernah mampu bersaing dengan manusia dalam memecahkan teka- teki silang. Hal ini juga terbukti dengan sebuah kompetisi antara sebuah program komputer untuk memecahkan teka- teki silang dengan cepat yang dibuat oleh Michael Littman, ahli komputer dari Duke University, yang ternyata tidak mampu mengalahkan kecepatan dan ketepatan otak manusia dalam menyelesaikan teka- teki silang.

3.     Bermain Starcraft
Starcraft adalah sejenis permainan video real-time yang memerlukan strategi untuk mengalahkan musuh dalam permainan yang berupa pertempuran. Dalam permainan ini, kita dapat bermain dalam mode manusia melawan manusia atau manusia melawan komputer. Dalam permainan ini terdapat hamper 100 unit strategi yang berbeda dan bervariasi. Secara keseluruhan, program komputer buatan masih kalah jauh untuk mengalahkan kecerdasan otak manusia dalam menyusun strategi dan menyelesaikan permainan ini.

4.     Menciptakan Karya Seni
Komputer memiliki program seperti photoshop dan illustrator yang merupakan karya seni yang disusun dengan menggunakan kode- kode seperti javascript, dsb. Meski demikian, seni pada komputer tida benar- benar dibuat oleh komputer karena manusia lah yang memfasilitasi penciptaannya dengan kreatifitas dan ide yang tak terbatas. Seni yang dikembangkan oleh komputer adalah seni yang sepenuhnya dikembangkan oleh kecerdasan manusia. Komputer juga tidak bisa menghasilkan karya yang mengandung unsure emosional, seperti yang dapat diciptakan oleh manusia.

5.     Penulisan
Sama hal nya dengan penciptaan seni, otak manusia lebih cerdas dalam hal penulisan dibandingkan oleh komputer. Meski komputer dilengkapi dengan program pengoreksi kata- kata dan penerjamah sekalipun, namun otak manusia memiliki fungsi penulisan yang jauh lebih baik daripada komputer.


Tidak ada komentar:
Write comments