Rabu, 21 November 2012

Teh dan Kopi Dapat Mengurangi Asupan Kalsium Anda

 

kopi, teh, khasiat teh kopi, manfaat kopi teh, bahaya kopi teh, mengurangi kalsium
Teh dan Kopi Dapat Mengurangi Asupan Kalsium Anda- Teh dan Kopi merupakan minuman yang sangat populer dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari- hari kita. Kopi adalah minuman yang terkenal dengan warnanya yang hitam pekat serta aromanya yang pekat dan menggoda. Sedangkan teh adalah minuman berwarna coklat yang sangat nikmat untuk disantap di pagi dan sore hari dengan khasiatnya yang baik untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.


Namun tahukan Anda bahwa sebaiknya teh dan kopi tidak diminum pada saat sedang makan?? Mengapa demikian? Seorang dokter spesialis gizi dari Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, Msc. MS. SP. GK menuturkan bahwa teh dan kopi dapat mengurangi jatah kalsium yang seharusnya diserap oleh usus jika dikonsumsi pada saat sedang makan. Hal ini disebabkan karena kedua minuman tersebut mengandung efek kafein yang menyebabkan tubuh tidak bisa menyerap kalsium secara optimal. Lebih lanjut lagi, Dr. Fiastuti menjelaskan bahwa kafein yang terkandung dalam teh dan kopi dapat menghalangi penyerapan kalsium dan mineral di dalam usus, sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium yang seharusnya diperoleh secara seimbang dengan kandungan kalsium dalam makanannya. Hal ini menyebabkan kalsium keluar lebih banyak daripada yang seharusnya dalam bentuk urin. Padahal seharusnya kalsium tersebut merupakan asupan nutrisi yang penting yang harus diserap oleh tubuh.

kopi, teh, khasiat teh kopi, manfaat kopi teh, bahaya kopi teh, mengurangi kalsium

Bagaimana cara mengatasi masalah ini?? Menurut Fiastuti, untuk mengimbangi kalsium yang terbuang sebaiknya kita menambah asupan makanan tinggi kalsium dalam setiap porsi makanan kita. Ada beberapa sumber makanan kaya akan kalsium di sekitar kita yang mudah ditemui. Makanan kaya akan kalsium antara lain susu, kacang kedelai, tahu, tempe dan ikan.  Kalsium merupakan asupan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium juga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang.


Tidak ada komentar:
Write comments