Rabu, 14 November 2012

Jenis- jenis Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI

 

Meskipun banyak sekali jenis susu formula yang beredar di pasaran, untuk bayi, ASI adalah makanan yang terbaik. ASI sebaiknya diberikan kepada bayi berusia 0-6 bulan secara eksklusif ( tanpa makanan pendamping ) dan dianjurkan hingga bayi berusia dua tahun. Karena pentingnya ASI ini, maka pasca melahirkan, sebaiknya ibu mengonsumsi lebih banyak sayuran dan makanan bergizi, dapat pula ditunjang dengan jenis- jenis makanan yang dapat meningkatkan danmelancarkan produksi ASI

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI :



·         Biji Funegreek/ Kelabat
funegreek, makanan asi
Biji Funegreek atau kelabat dipercaya dapat merangsang hormon pertumbuhan payudara dan meningkatkan produksi ASI. Biji-bijian ini adalan sumber yang kaya akan zat besi, vitamin, kalsium dan mineral. Penelitian telah menunjukkan bahwa kelabat merupakan stimulator potent untuk memproduksi ASI yang dapat meningkatkan ASI sebanyak 90 persen.

·         Bawang Putih
ASI, meningkatkan asi, produksi asi, makanan asi, bawang putihBerdasarkan sebuah penelitian yang dikutip dalam Journal of Pediatric Research, bawang putih terbukti ampuh dalam meningkatkan produksi ASI dan menambah nafsu makan pada bayi.

·         Kacang- Kacangan
Berbagai jenis kacang- kacangan, antara lain seperti almond dan mete adalah jenis makanan yang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Keduanya kaya akan protein, vitamin dan mineral yang terbukti ampuh meningkatkan laktasi.

·         Makanan Berserat
Jangan lupa konsumsi makanan berserat seperti sayuran hijau dan beberapa jenis sayuran merah. Beberapa jenis sayuran yang merupakan sumber serat sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI ibu, seperti bayam, daun katuk, biji- bijian, ubi jalar dan sebagainya.

·         Pare & Labu Botol
pare, asi, penunjang asi, makanan asi
Kedua jenis sayuran ini merupakan jenis makanan yang sangat populer untuk meningkatkan produksi ASI. Keduanya dikenal dengan kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.


Tidak ada komentar:
Write comments