Rabu, 04 Juli 2012

Buah Khas Langka Indonesia yang Mulai Hilang

 


Selain dikenal dengan negara yang kaya akan tradisi dan budaya, Indonesia adalah sebuah negara yang dikenal dengan kekayaan alamnya. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kita mengenal berbagai jenis tanaman, buah, bunga hingga hewan- hewan yang langka.

Kalau kita ingat- ingat lagi, sebenarnya terdapat cukup banyak buah khas Indonesia yang dulunya sangat sering kita nikmati tapi kini mulai menghilang. Padahal buah- buahan tersebut merupakan produk asli Indonesia dan sebagian besar hanya tumbuh di Indonesia saja. Apa saja buah khas Indonesia ini?

1.     Jamblang
   
buah khas Indonesia, buah langka IndonesiaBuah jamblang memiliki pohon yang besar dan tinggi. Buah ini memiliki perpaduan rasa sepet dan manis. Selain bisa dimakan, buah ini dapat dipergunakan sebagai bahan obat, tradisional maupun modern. Kulit batang, daun, buah dan bijinya juga dapat dimanfaatkan sebagai  obat kencing manis, diare, dan beberapa penyakit lain.

2.     Keledang
Buah keledang merupakan buah khas daerah Samarinda yang bentuknya sekilas mirip seperti buah nangka. Buah unik ini memiliki rasa yang cukup manis, seperti perpaduan rasa buah nangka dan manggis.

3.     Gohok/ Gowok
Buah ini memiliki rasa sangat asam dan sudah mulai sangat sulit sekali ditemui keberadaannya. Untuk memakannya, buang kulitnya terlebih dahulul.

4.     Kesemek
buah khas Indonesia, buah langka IndonesiaKesemek merupakan buah yang tidak terlalu dikenal tapi sebenarnya memiliki kandugnan vitamin C yang cukup tinggi. Buah unik ini memiliki rasa yang unik, yaitu seperti perpaduan antara buah semangka dan apel. Buah ini jugam memiliki cukup banyak khasiat, antara lain mencegah kanker & jantung, menurunkan kolestrol jahat, dan mencegah sembelit.

5.     Ceplukan
buah khas Indonesia, buah langka IndonesiaCeplukan adalah jenis buah khas Indonesia yang tumbuh secara liar di kebun atau daerah tepi hutan. Berdasarkan pengalaman, buah ini memiliki rasa manis yang unik dan juga bentuk yang lucu.

6.     Kecapi
Kecapi memiliki daging buah yang manis dan agak asam. Dengan rasanya yang unik, buah ini dapat dimakan dalam keadaan segar atau diolah menjadi manisan. Selain untuk dinikmati buahnya, bagian lain dari pohon kecapi uga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Rebusan daunnya digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.

7.     Lobi- lobi
buah khas Indonesia, buah langka IndonesiaBuah lobi seringkali disebut dengan buah lobi- lobi. Buah ini memiliki rasa asam manis yang segar sehingga seringkali dijadikan salah satu bahan olahan rujak di masyarakat pedesaan.


Tidak ada komentar:
Write comments