Rabu, 20 Juni 2012

6 Faktor yang Menyebabkan Anda Jerawatan

 


Jerawat adalah musuh utama perempuan! Kurang lebih begitulah fakta di kalangan anak- anak remaja. Selain membuat tidak percaya diri, jerawat membuat kita tidak nyaman dan merasa gatal ingin menggaruk- garuknya.

 

Berikut ini adalah 6 Faktor Penyebab Jerawat :

1.     Kosmetik
Jerawat bisa saja disebabkan karena pemilihan kosmetik yang salah. Misalnya memakai bedak atau foundation yang bersifat two way cake atau jarang membersihkan wajah setelah seharian beraktifitas atau bisa juga coba- coba produk kosmetik yang belum jelas kualitasnya. Maka dari itu, sebaiknya berhati- hati sebelum menggunakan kosmetik dan tidak mudah tergiur dengan kosmetik yang ditawarkan murah dan member efek instan.

2.     Hormon

Hormon memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan jerawat. Salah satu efek dari hormon adlaah munculnya jerawat menjelang masa menstruasi. Hal ini terjadi karena hormon yang berubah menjadi tidak seimbang ketika masa haid. Menurut informasi dokter kulit hormon pada jerawat disebut dengan hormon androgen. Hormon androgen ini meninggi saat masa pubertas, mendekati siklus haid dan stress.

3.     Gaya Hidup
penyebab jerawatSalah satu penyebab jerawat yang lain adalah gaya hidup yang tidak sehat. Seseorang dengan gaya hidup tidak sehat, seperti peminum alcohol, perokok, kurang istirahat dan stress dapat meningkatkan hormon androgen yang merangsang pengingkatan produksi kelenjar minyak dan menyebabkan jerawat.

4.     Makanan
Pengaruh antara makanan dan jerawat masih dalam perdebatan dan erat hubungannya dengan mitos yang beredar di masyarakat. Contoh beberapa makanan yang dipercaya dapat menyebbakan jerawat antara lain : kudapan yang mengandung lemak tinggi, daging, produk susu ( yoghurt, keju, susu ), kacang- kacangan dan jenis makanan dengan kadar gula tinggi ( es krim dan coklat ).

5.     Genetik
Yang dimaksud dengan genetik adalah factor turunan dari orangtua. Ketika orangtuanya berjerawat, maka kelenjar minyak dari anak atau keturunannya akan menjadi lebih produktif dan berakibat akan mudah sekali berjerawat. Jerawat karena faktor keturunan ini biasanya lebih sulit diobati daripada jerawat jenis yang lainnya.

6.     Mikroorganisme
Mikroorganisme atau bakteri dapat menyebabkan jerawat juga. Bakteri masuk ke dalam tubuh lewat jaringan kulit, kemudian mengeuarkan racun yang bisa membunuh sel- sel baik di daerah sekitarnya sehingga dapat menumbuhkan jerawat.



Sumber : Six Factor Cause Acne

Tidak ada komentar:
Write comments