Rabu, 20 Juni 2012

8 Makanan Sehat Kesuburan Pasangan Suami Istri

 


Bagi pasangan yang telah berumah tangga, keturunan atau anak adalah salah satu bagian yang membahagiakan. Ketidakhadiran sang buah hati seringkali membuat rumah tangga terasa hampa dan sering terjadi pertengkaran. Salah satu factor yang menyebabkan pasangan suami istri belum memiliki buah hati adalah keturunan. Dalam beberapa riset dijelaskan bahwa perempuan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus lebih sering mengalami kegagalan pembuahan. Maka dari itu sebaiknya pasangan suami istri harus lebih memperhatikan asupan gizi dan nutrisi.

Ada beberapa sumber makanan yang terkenal dengan kandungannya yang beragam dan menyuburkan organ reproduksi, antara lain yaitu sbb. :
1.     Vitamin C
Sebagai antioksidan tanggug, vitamin C menjaga kesehatan sell dan meningkatkan penyerapan asupan zat gizi serta memperbaiki system kekebalan tubuh. Bagi pria, antioksidan dapat memperbaiki kualitas sperma. Kekurangan asupan vitamin C pada pasangan suami istri merupakan salah satu factor penentu ketidaksuburan. Makanan sumber vitamin C antara lain papaya, jambu biji local, belimbing, mangga, kedondong, nanas, rambutan, srikaya dan stroberi.

2.     Asam Folat
Bagi perempuan, asam folat sangat penting untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat. Bagi pria, asam folat cukup berpengaruh pada tinggi rendahnya jumlah sperma. Makanan dengan kandungan asam folat yang baik antara lain brokoli, asparagus, kol, sawi hijau, kacang panjang, taoge, kacang hijau, tempe, kacang merah, alpukat dan daging ayam.

3.     Vitamin E
Salah satu keunggulan vitamin E adalah melindungi sel dari serangan radikal bebas sekaligus meningkatkan kemampuan sperma dalam membuahi sel telur. Dengan cukup mengonsumsi vitamin E, maka dengan sendirinya kehamilan akan lebih mudah terjadi. Makanan sumber vitamin E antara lain kacang tanah, kenari, kuaci, biji bunga matahari, mangga, brokoli, alpukat, kacang mete dan almond.

4.     Zinc/ Seng
Seng berperan penting dalam hal pembentukan dan pergerakan sel sperma serta melancarkan metabolism tubuh. Kekurangan seng dalam tubuh dapat mengganggu pematangan sel telur oleh sperma. Makanan sumber seng antara lain kerang, daging, kepiting dan beras merah.

5.     Minyak Biji Flax ( Flaxseed Oil )
Flax Seed Oil sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kesuburan karena menyehatkan fungsi saluran rahim. Flaxseed oil ini dapat diperoleh di apotik atau took obat dan sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari dua sendok teh per hari.

6.     Vitamin B12
likopen, makanan untuk kesuburanBerdasarkan penelitian, kesulitan memperoleh keturunan erat sekali hubungannya dengan keterbatasan kadar vitamin B12 dalam darah. Plain yogurt, daging, tuna, kepiting dan kerang adalah beberapa jenis makanan dengan kandungan vitamin B12.

7.     Likopen
Likopen bermanfaat meningkatkan jumlah sperma dan menambah kegesitannya. Beberapa makanan yang mengandung likopen antara lain tomat merah, semangka
merah, papaya merah, jambu biji merah, stroberi, jeruk bali merah dan delima merah.



Tidak ada komentar:
Write comments