Sabtu, 24 September 2011

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Hamil

 

-->

Artikel yang pas banget nih buat temans- temans yang lagi punya istri, saudara atau kerabat yang sedang hamil atau mempersiapkan kehamilan. Kita yang hidup di era modern sering kali menganggap petuah orang tua yang memberi nasehat ini itu tentang makanan di masa kehamilan adalah kuno dan tidak masuk akal, ada baiknya memperhatikan fakta yang saya sajikan berikut ini. 

·         Daging Olahan dan Potensi Keguguran
Daging olahan seperti salami, sosis, turki dan deli diketahui mudah terpapar oleh Listeria Monocitogen, salah satu restrain bakteri yang menyebabkan listerosi pemicu keguguran, kematian bayi saat lahir dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

·         Minuman Bersoda, Beralkohol
Minum ber- alcohol sudah pasti musuh besar bagi kesehatan tubuh kita. Khususnya bagi ibu hamil, kandungan alcohol dapat mengambil oksigen pertumbuhan sel yang dapat mempengaruhi kecerdasan bayi yang bersifat permanen, alias tidak bisa diperbaiki.


·         Hati- hati Ikan Laut
Ikan laut cenderung mengandung multimerkuri tinggi yang dapat masuk ke otak dan system syaraf  calon bayi sehingga menggangu pertumbuhan janin. Berdasarkan penilitian yang dilakukan oleh FDA ( Administrasi Obat dan Makanan AS  ), wanita hamil dan menyusui sebaiknya membatasi konsumsi tuna putih, yaitu cukup dalam batas aman 6 ons dari total batasan asupan makanan laut 12 ons per minggu. Selain ikan tuna, beberapa ikan laut yang juga harus dibatasi konsumsinya adalah patin, tenggiri, kakap laut, udang, salmon, ikan pedang, ikan hiu, ikan raja makarel dan bawal.
 
·         Hindari makanan mentah
Makanan yang mentah cenderung memiliki kandungan bakteri dan virus yang tinggi sehingga dapat mempengaruhi kesehatan si janin. Selain itu makanan mentah juga biasanya kerap kali luput dari pencucian yang steril dan sehat. Khususnya daging merah dan unggas, tingkat kematangan harus diperhatikan secara lebih teliti.

·         Makanan Alergi dapat Menurun
Jika Anda atau keluarga mempunyai alergi terhadap udang, sebaiknya hindari makanan tersebut agar anak anda tidak terpengaruh terhadap resiko makanan beralergi. Menghindari makanan beralergi yang erat huibungannya dengan riwayat keluarga saat hamil dan menyusui cukup penting agar si anak tidak tertular.

1 komentar:
Write comments
  1. Mohon dukungannya dalam Pemilihan Blog Guru Terbaik "GURARU BLOG AWARD 2011".

    Klik di sini untuk mendukung saya.

    Terima kasih atas support yang rekan berikan..

    BalasHapus

Hanya komentar yang berkaitan dengan artikel/ postingan yang akan ditampilkan