Senin, 10 Oktober 2011

12 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

 


Mata adalah jendela dunia, begitulah kata orang. Inti dari testimonial tersebut tentu saja mengingatkan kita betapa pentingnya mata sebagai indra penglihatan kita. Mata yang sehat bukan hanya membantu kita menjalani setiap aktifitas dan pekerjaan dengan sebaik- baiknya,  tetapi juga membuat kita sangat bersyukur karena dapat menikmati setiap pemandangan dengan detail dan ingahnya.

Untuk menjaga mata kita agar tetap sehat, maka kita dianjurkan untuk makan buah- buahan yang mengandung banyak vitamin C dan tentu saja menjaga mata dari radiasi dan hal- hal yang dapat menyebabkan mata sakit. Berikut ini tips untuk menjaga mata agar tetap sehat :

1.      Hindari Debu dan Polusi
Debu yang masuk ke mata dalam jumlah yang kecil dapat menggangu kebersihan mata dan menjadikan infeksi. Jika dalam jumlah yang cukup besar, mata bisa terkena penyakit katarak. Pastikan kita selalu memakain pelindung mata seperti helm atau kacamata ketika harus beraktifitas di luar ruangan atau berkendara di atas motor.

2.      Kaca melindungi dari Sinar UV
Kaca mata bukan hanya trend, tapi merupakan pelindung mata dari sinar UV yang dapat menyebabkan pengerasan lensa, penyakit katarak atau penurunan penglihatan. Kacamata dengan lensa gelap dapat menyaring sinar UV hingga 100% ketika kita berada di luar ruangan.

3.      Jaga Jarak Pandang
Sering diingatkan oleh orang di sekitar kita untuk tidak terlalu dekat saat membaca buku atau menonton TV ternyata memang ada benarnya. Faktanya, anak- anak yang sering menonton TV dengan jarak terlalu dekat kemungkinan besar akan mengalami mata minus saat tumbuh dewasa. Jarak aman menonton televise ukuran 14” adalah 2 meter. Untuk televisi yang berukuran lebih besar, tentunya jarak pandang adalah lebih jauh lagi. Hal ini juga berlaku ketika kita berhadapan dengan computer, game, PS dan yang lainnya. Sedangkan dalam hal membaca, posisi yang terlalu dekat dapat menyebabkan mata menjadi lelath dan tegang. Untuk mengurangi efek buruknya, selain menjaga jara pandang, hindari juga membaca di tempat yang kurang terang atau membaca sambil tiduran.

4.      Ingat Waktu saat Bersama Televisi atau Komputer
Jika kita seorang pekerja kantoran yang harus bekerja di depan computer selama 8 jam atau lebih, maka pastikan kita mengistirahatkan mata kita maksimal setiap satu jam sekali. Agar mata tidak kering, maka kita harus sering mengedip- ngedipkan mata dan sekali- kali mengalihkan pandangan mata ke arah luar ruangan. Kurangi waktu menonton tv yang terlalu lama karena radiasi yang terpancar dari layar TV membuat mata menjadi mudah lelah dan tegang.

5.      Konsumsi Antioksidan
Selain terkenal sebagai zat pembunuh radikal bebas yang dapat merusak kulit, anti oksidan juga dapat mengurangi resiko pengerasan lensa pemicu penyakit katarak. Beberapa contoh makanan yang kaya akan anti oksidan antara lain apel, ceri dan jeruk.

6.      Vitamin A untuk mata sehat
Vitamin A dikenal sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Dengan sering mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, maka secara tidak langsung kita telah peduli pada kesehatan mata kita. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A antara lain adalah wortel, tomat, papaya dan alpukat.

7.      Konsumsi Multivitamin
Selain vitamin A, saat ini terdapat cukup banyak suplemen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Menurut penelitian National Eye Institute, vitamin C, vitamin E, vitamin B16 dan vitamin B12, serta beta karoten, mineral tembaga dan seng telah terbukti dapat memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak. Beberapa contoh makanan alami dengan kandungan zat tersebut adalah apel, mangga dan jeruk.

8.      Sayuran Berdaun Tua juga menjadi Alternatif
Sayuran berdaun tua memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang dapat mengurangi resiko berkembangnya katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Contoh sayuran berdaun tua yang dapat dengan mudah ditemui antara lain brokoli dan bayam.

9.      Asam Lemak Omega- 3
Menurut penelitian, asam lemak omega-3 pada ikan salmon, halibut dan tuna dapat melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan dapat mencegah katarak. Untuk menjaga kesehatan mata dengan asam lemak ini, maka kita disarankan untuk mengonsumsi ikan 2 – 3 porsi seminggu.

10.  Olahraga Teratur
Tanpa diduga ternyata beberapa jenis olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan indra penglihatan kita. Senam aerobik dapat menurunkan tekanan di dalam mata sehingga mengurangi resiko glaukuma. Selain itu berjalan kaki selama 30 menit sebanyak 3 kali seminggu, jogging, atau treadmill juga merangsang mata agar lebih rilek dan segar.

11.  Jangan Menggosok Mata
Hindari kebiasaan menggosok mata atau mengucek- nguceknya ketika mata terasa gatal atau perih. Kebiasaan menggosok mata dapat menyebabkan mata teriritasi ringan hingga berakibat fatal.

12.  Periksa Kesehatan Mata secara Teratur
Orang cenderung mengabaikan gangguan kesehatan mata dan baru pergi ke dokter begitu sakit matanya mendekati parah. Di sisi lain, orang juga dengan mudahnya memberikan obat tetes mata ketika merasakan gatal di matanya. Faktanya, memeriksakan mata secara rutin adalah hal terbaik untuk mencegah penyakit mata dating menyerang kita.

Source : Small Crab

Tidak ada komentar:
Write comments

Hanya komentar yang berkaitan dengan artikel/ postingan yang akan ditampilkan