Senin, 06 Agustus 2012

Mencegah Kanker Kolon/ Kanker Usus Besar dengan Makanan Sehat Bernutrisi

 


Mencegah Kanker Kolon/ Kanker Usus Besar dengan Makanan Sehat Bernutrisi- Kanker kolon atau yang juga disebut dengan kanker usus besar adalah termasuk empat besar jenis kanker yang sangat mematikan. Setiap tahunnya jumlah penderita kanker kolon mengalami peningkatan yang signifikan. Yang lebih mengerikan, penyakit ini bisa menyerang siapa saja, khususnya bagi mereka yang tidak peduli dengan gaya hidup dan asupan makanan yang sehat. Maka dari itu penting sekali memilih makanan kaya serat dan nutrisi sebagai salah satu upaya praktis mencegah munculnya kanker kolon sejak awal.


1.     Gandum
Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli dari Inggris dan Belanda, serat pada gandum sangat baik dikonsumsi karena dapat menurunkan resiko terhadap kanker. Dengan konsumsi rutin 90 gram gandum atau biji- bijian dalam sehari, maka hal ini dapat menurunkan resiko kanker kolon hingga 20%.

2.     Cokelat
Coklat kaya akan antioksidan yang mengandung polifenol. Polifenol adalah sebuah zat yang memiliki peranan penting melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk kanker.

3.     Brokoli
Brokoli terkenal sebagai salah satu rempah yang mengandung zat anti kanker dan dapat menurunkan resiko kanker kolon. Penelitian ini pernah dilakukan oleh Oregon State University dan telah tercatat di dalam American Journal of Epidemiology.

4.     Raspberry
Buah cantik ini bukan hanya dikenal dengan khasiatnya yang dapat meremajakan kulit dan mengandung zat anti kanker, karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Selain itu, raspberry hitam memiliki senyawa anthocyanin yang dapat mencegah kanker kulit.



Tidak ada komentar:
Write comments