Kamis, 16 Agustus 2012

Hubungan antara Menyanyi dan Kesehatan

 

Hubungan antara Menyanyi dan Kesehatan- Tidak perlu mempunyai suara bagus untuk menyanyi. Faktanya, kegiatan menyanyi adalah salah satu aktifitas yang sangat mudah dilakukan dan sangat disukai oleh setiap orang. Mendengarkan lagu favorit kita diputarkan di radio kemudian menyanyikannya sendiri merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan nyaris tak ada duanya. Selain asik, menyanyi ternyata juga sangat baik sekali dampaknya untuk kesehatan. Mengapa demikian?? Apa saja manfaat menyanyi untuk kesehatan?? Berikut ini adalah beberapa hal yang menghubungkan antara menyanyi dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.


1.     Menyanyi Baik untuk Pernafasan yang Lebih Baik
Ketika bernyanyi, maka tubuh Anda akan bernafas dengan lebih santai. Otot diafragma akan melengkung ke bawah dan paru- paru mengembang lebih lengkap. Otot perut yang lebih santai memungkinkan tubuh bernafas lebih aktif sehingga secara keseluruhan system pernafasan kita menjadi lebih sehat.

2.     Merangsang Otak untuk Lebih Aktif
Menyanyi itu mencerdaskan karena dia melatih otak Anda untuk bekerja lebih aktif dalam menangkap sinyal- sinyal yang dikirimkan ke otak. Ketika bernyanyi, udara akan banyak mengalir ke otak pada bagian neuron yang mengintegrasikan aktifitas fisik, emosional dan psikologis untuk merasa gembira.

3.     Melepaskan Hormon Bahagia
Ketika seseorang sedang bernyanyi, maka akan keluar hormone endorphin yang dapat menciptakan rasa senang dan bahagia di bagian syaraf dan fisik kita. Dengan bernyanyi, maka seseorang dapat merasa damai dengan mudah dan tenang.

manfaat menyanyi, menyanyi dan kesehatan

4.     Mengurangi Stress
Manfaat menyanyi untuk mengurangi stress erat hubungannya dengan hormone endorphin yang telah dijelaskan sebelumnya. Ketika menyanyikan sebuah lagu, maka denyut jantung melambat dan rasa cemas berlebihan dapat dikurangi. Dengan demikian, menyanyi dapat mengurangi tingkat stress seseorang secara perlahan tapi pasti.

5.     Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Berbeda dengan berpidato yang seringkali membuat Anda merasa tegang dan gugup, bernyanyi membuat Anda merasa sebaliknya, yaitu percaya diri dan santai. Dengan demikian, menyanyi memberikan efek ganda bagi kesehatan dan jiwa Anda, yaitu lebih rileks dan rasa percaya diri.

Wah sepertinya cukup beragam ya manfaat dari menyanyi. Nah, tunggu apa lagi, kini saatnya Anda memutar radio dan mendengar lagu kesayangan Anda, kemudian menyanyi sepuasnya.


Tidak ada komentar:
Write comments