Senin, 08 Agustus 2011

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

 

Setelah sebelumnya membahas tentang Tips Lengkap Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, maka kali ini saya akan membahas mengenai Manfaat Puasa untuk Kesehatan. Tidak seorang pun yang meragukan besarnya manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita. Jika dalam kegiatan sehari- hari organ pencernaan kita harus bekerja keras selama kurang lebih 18 jam, justru ketika bulan puasa dating, organ pencernaan diberi waktu hingga 14 jam untuk beristirahat. Berikut ini beberapa fakta menarik berkaitan dengan manfaat puasa untuk kesehatan :

Detoksifikasi Tubuh dari Racun yang Menumpuk
Ketika berpuasa, organ pencernaan kita memiliki waktu istirahat yang cukup


dibandingkan dengan hari- hari biasa. Efeknya adalah tubuh memiliki penyimpanan energi yang sangat memadai yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan diri, memperbaiki sel tubuh, detoksifikasi racun- racun dalam tubuh, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Perlindungan terhadap Penyakit Diabetes
Pada saat puasa, kadar gula darah seseorang cenderung turun sehingga membiarkan organ pankreas untuk beristirahat dan sedikit demi sedikit dapat melindungi tubuh dari penyakit diabetes.

Berat Badan Turun
Puasa adalah solusi paling sehat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa efek samping atau obat. Menurut penelitian, jika puasa dijalankan dengan benar dan secara teratur, maka akan dapat menurunkan berat badan setidaknya dalam jumlah 5%. Wah… cukup menakjubkan bukan?

Manfaat Ganda untuk Kesehatan Jantung
Puasa bukan hanya melatih kita untuk memiliki waktu dan menu makan yang teratur dan sehat, tapi juga mengajarkan kita untuk mengontrol emosi dan sabar. Secara tidak langsung, keadaan psikologis tersebut mempengaruhi kita untuk memiliki pikiran yang tenang dan tidak meledak- ledak. Hal ini terbukti dapat menurunkan adrenalin kita sehingga kontraksi otot empedu dapat diperkecil, pembuluh darah perifer menyempit, memperluas pembuluh darah koroner dan menambah volume darah ke jantung. Manfaat yang kita peroleh adalah kadar gula darah, kolesterol, tingkat stress, dan tekanan darah menurun sehingga tubuh pun menjadi lebih sehat dari berbagai macam penyakit.

1 komentar:
Write comments
  1. puasa memang bnyak manfaat nya, terutama punya pnykit maag, itu bisa sembuh

    BalasHapus

Hanya komentar yang berkaitan dengan artikel/ postingan yang akan ditampilkan