Rabu, 19 Oktober 2011

Macam- macam Karakter Blogger saat Blogwalking

 


Sebagai seorang blogger saya percaya bahwa blogwalking adalah kegiatan yang hampir wajib dilakukan. Bukan sekedar untuk kepentingan monetize dan traffic semata, tapi dengan blogwalking kita akan dapat menambah kematangan pengetahuan blog kita sekaligus memperoleh info- info menarik lainnya. Khususnya untuk para newbie, pasti manfaat dari blogwalking ini sendiri dirasakan sangat besar. Istilah kerennya adalah blogwalking mampu merubah kita dari zero ke hero alias belajar ilmu baru dari sesama blogger, kemudian meneruskannya ke blogger yang lain dalam bentuk tulisan dalam blognya.

Aktifitas blogwalking untuk keperluan monetize inilah yang kadang membuat saya gemes dan geregetan. Memang jelas, blogwalking selalu identik dengan kata monetize karena disini para blogger akan saling memberi sundulan/kiss/support yang merupakan istilah trik meningkatkan revenue. Ternyata tidak semua blogger mempunyai perilaku online atau monetize trik yang sama, ada yang cuma mampir terus pergi ada juga yang rela berbagi pageview meski tidak terlalu interest dengan isi blog.

·         Mengaku kiss tapi tidak kiss
Untuk perilaku blogger yang satu ini mari kita sama- sama doakan hukum karma berlaku padanya ^_^. Mungkin teman- teman kadang bingung juga, guest book penuh terus dengan teman- teman yang memakai istilah “kiss back yah”, “I had support your ads, “please support me back” atau “sundul balik, gan”. Tapi setiap kali kita melakukan cek revenue di situs PPC, hasilnya kok segitu- segitu aja?? Apa yang salah?? Disini teman- teman boleh curiga pasti ada yang main curang. Padahal salah satu tujuan blogger kan sama : meningkatkan penghasilan melalui aktifitas blogging. Apa susahnya sih cuma klik iklan? #esmosi mode :on. Main jujur dong… saya yakin semua blogger senior bisa besar karena main jujur dan terus mau belajar kok.

·         Kiss sekali lewat
Alhamdulilah sesuatu banget ya kalau ada yang sudah mau berbagi kiss di blog kita. Tapi kadang sebagai owner blog kita ga’ hanya pengen jumlah kiss kita tinggi, tapi juga memiliki pageview yang berbanding lurus. Khususnya blogger yang memang sudah nongol iklan adsense di blognya, pageview atau impression memiliki nilai yang lumayan penting untuk menghindari kecurigaan mbah google yang sekarang lagi gencar- gencarnya banned blog yang melakukan aktifitas invalid click –bisa dilihat dari tingginya CTR atau click through rate. Blogger yang suka melakukan kiss sekali lewat ini memiliki dua kemungkinan : 1. Males 2. Ga’ punya waktu banyak –merasa ga’ punya waktu banyak karena males juga, xixixixi :D #meringis.


·         Kiss dan kunjungan berulang dari 1 IP dan 1 Blog
Kunjungan berulang sih OK buat meningkatkan pageviews, tapi kalau kiss berulang bisa jadi alarm tanda bahaya tuh –resiko besar di banned oleh google adsense dan situs PPC yang lain.Buat antisipasi ini sebaiknya teman- teman memberi peringatan di guest book masing- masing seperti yang saya lakukan --------à >> 1 x 24jam ----> 1 IP, 1 Kunjungan dan 1 Blog
>>> Tidak menerima Blog Ganda. Jadi kesimpulannya simple aja, kunjungan berulang monggo, tapi kiss berulang jangan. Mungkin maksudnya baik ya, tapi kalau ujung- ujungnya menyesatkan kan sama saja ;p.


·         Blogwalking untuk Spamming
Yang satu ini juga kita harap pergi jauh- jauh deh ya. Saya juga paling tidak suka dengan blogger yang blogwalking untuk spamming, bukan saling menguntungkan atau memberi masukan ke teman- teman sesama blogger.

 

·         Kiss di Comment Box
Rata- rata teman- teman blogger memang sudah menyediakan guest book atau buku tamu untuk melihat jejak teman- teman yang blogwalking, tapi kadang masih adaaaaaaaaaa aja yang ngasih jejak di kasih kolom komentar. Saya pribadi sih lebih senang jika kolom komentar memang digunakan untuk ber- komentar seputar artikel, bukan diisi komen sejenis “kunjungi balik ya” atau “real support”. Tapi untuk hal yang satu ini ayo positif thinking dulu… pasti ada penyebabnya, kok bisa sih ada guest book ga’ dimanfaatkan?? Bisa jadi guest book teman- teman tidak mudah dijangkau –dari sisi peletakan mungkin terlalu ke atas atau ke bawah atau tidak di tempat yang strategis- sehingga para blogger mengalami kesulitan untuk meninggalkan jejak. Saya juga sering mengalami hal itu, khususnya untuk guest book yang sering digantung di side bar, kadang letaknya terlalu rendah sampai tidak terlihat kolom nama, url dan pesan –yang seperti ini ga’ masuk kategori spamming yaaaaa?? :D.  


·         Kiss Ok, Pageview OK
Nah ini nih yang saya paling suka… kiss ok, pageview juga ok. Jarang memang blogger yang blogwalking seperti ini, apalagi kalau tujuannya monetize. Sebenarnya sih tergantung dari kita juga, kalau artikelnya top markotop, original dan menarik pasti dengan sendirinya pageview mampir sebanyak mungkin. Tapi kalau memang teman- teman blogger memiliki banyak waktu untuk blogwalking, tidak ada salahnya kan berbagi pageview dan kiss sekaligus?? Sesuatu banget gitu loh! #Syahrini mode:on.

Kira- kira karakter blogger seperti apalagi ya sat blogwalking yang belum saya sebutkan?? Ada yang mau menambahkan?? Monggo… dipersilakan buat berkomentar dan jangan lupa ya untuk tetap berbagi kiss dengan mengunjungi sponsor/ iklan blog ini ^_^.

16 komentar:
Write comments
  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah bagus tuh gan artikelnya.
    saya setuju banget, karena saya juga merasakannya. hehe
    Moga aja semuanya bisa jujur.

    BalasHapus
  3. Setuju sm yg terakhir. Sangat mengecam kepada yg pertama dan yg blog ganda plus bnyk kizz..

    Hehe.. Akun google sy di banned euy..
    Musti cari yg lain jadinya.

    Artikelnya sy simpen ya. Bagus juga ni..

    BalasHapus
  4. kwkwkkw sama persis ma yg ane pikirin gan...harus berpikir positif aja gan yang bilang ki** tp gan di Ki** paling nyandar sendiri

    dan spt yang agan Dedy tu asik kwkwkkw...

    salam dari Beritagoogle.com utk semua blogger ya ^_^

    BalasHapus
  5. sy tentu milih yg slg menguntungx(simbiosis mutualisme)...btw dah ta ksh kiss tuh ret :), ttp semangat yah..

    BalasHapus
  6. @ azkia : betul sis, yang termudah mulai dari diri kita sendiri ya, susah kalo ngatur yang lain :D

    @ coffee maker : sama gan, mengecam juga ane. boleh artikelnya disimpan, kalau mau di share ulang jangan lupa cantumin link narasumber nya ya :)

    @ cahaya : keep coming here :)

    @ berita google : sip! lanjut ya...

    @ bonsai teknologi : betuuuuullll! ane uda 2x kena banned, sesuatu banget ya, hahahaha ^_^

    BalasHapus
  7. Artikelnya mnrik sob, mknya saya hmpir tdak prnah mngtakan kiss, sewaktu blogwalking ke blog sahabat,... tkutnya nggak msuk pnghsilnnya pdhal ngklik, sering kjdian gtu Sob,.. Pling skrng klo blogwalking klik jja iklannya,. klo ada yng ngklik iklan di blog saya ya Alhamdulillah :)

    BalasHapus
  8. mantab sob,klo dari pengalaman ane hanya 10% dari blog yang mengunjungi benar benar apa yang jujur, semoga dihari mendatang kejujuran diutamakan.
    nah, menurut ane mungkin semua blogger pasti punya lbh dari 1 blog gan,dan mereka tetap nyantai aja gak pada ribet, ya gak ? haha

    BalasHapus
  9. Saat ini aku blm punya "sesuatu" untuk di kiss, tapi banyak juga teman blogger yg meninggalkan kata2 rill kiss, pls check, kiss U dll...lucu ya?

    BalasHapus
  10. @ Free Download Full n Free : iya juga memang ya, kadang iklan ppc ada juga yang ga muncul, jadi meskippun benar di sundul, earning ga masuk gan... ;(

    @ Kehidupan : weihhh 10%?? so sad....

    @ Online Shop Indonesia : ok gan, mantaps!

    @ ismanpunggul : hahahahay, lucu gan.. sama persis waktu akun adsense saya baru aja di banned. iklan uda ga' nongol, masi pada bilang kasi sundul ke ads, ga masuk akal tapi bikin ngekek juga ya XD

    BalasHapus
  11. Nice Info gan.. pengen jg sih daftar di adsense tp gmn sih caranya gan. maklum newbie hehehe

    BalasHapus
  12. ane baru ngeblog gan. maksudnya kiss ntu apaan sih? apa sama kayak nge-like difacebook ato yang gimana(gituloh). mohon bimbingannya.

    BalasHapus
  13. Manteb artikel nya , Main main ke blog saya yaa ^^ hehe

    BalasHapus

Hanya komentar yang berkaitan dengan artikel/ postingan yang akan ditampilkan