Minggu, 24 Juli 2011

Hati- hati.. Radikal Bebas di sekitar kita!!

 

Sering dengar tentang radikal bebas? Penasaran?? Definisi radikal bebas adalah molekul- molekul yang tidak stabil karena muatan elektronnya tidak memiliki pasangan. Molekul ini bersifat agresif sehingga menyerobot molekul- molekul lain dalam tubuh kita yang telah berpasangan dan  membentuk molekul yang abnormal. Molekul abnormal ini dapat menembus DNA dalam inti sel sehingga merusak watak asli sel. Akibatnya, sel- sel yang tadinya sehat akan memperbanyak diri tanpa kendali sehingga menimbulkan gangguan kesehatan seperti katarak, kanker dan penuaan dini.


·         Pemicu Radikal Bebas
1.       Pikiran tidak tenang, seperti stress, depresi, gugup, gelisah, trauma dan ketakutan.
2.       Berbagai macam asap ( asap rokok, asap kendaraan dan asap pembakaran ).
3.       Radiasi, termasuk paparan langsung sinar matahari terik.
4.       Begadang dan kurang tidur.
5.       Asupan gizi buruk, seperti mengkonsumsi secara berlebih makanan yang mengandung pestisida, zat pengawet, dan bahan tambahan sintetis ( food additive ) seperti MSG/ vetsin.
6.       Makanan yang digoreng dengan minyak terlalu panas/ jelantah.
7.       Makanan yang diolah dengan margarin atau mentega putih seperti biscuit dan crackers.
8.       Konsumsi berlebih minyak goreng kategori lemak tak jenuh ( polyunsatured fats ) secara berlebih seperti minyak biji bunga matahari, minyak jagung, minyak kedelai dan minyak kacang tanah. Minyak- minyak jenis ini mudah membentuk radikal bebas Karen sifatnya tidak stabil jika terkana udara dan panas.
9.       Gula berlebih, seperti pada gula pasir, gula merah, madu, sirup dan jus buah manis.



·         Tes Radikal Bebas
Untuk mengetahui seberapa besar radikal bebas dalam tubuhmu, lakukan tes berikut ini :
1.       Ulurkan tangan, telapak tangan menghadap ke bawah dengan rileks.
2.       Cubit dan tarik kulit di bagian punggung tangan, lepaskan.
3.       Jika kerusakan sel karena radikal bebas kadarnya masih kecil, maka kulit akan cepat kembali ke kedudukan semula.
4.       Jika kulit membutuhkan waktu beberapa detik untuk bisa kembali ke kedudukan semula, maka ini adalah sinyal bahwa kita harus memulai merubah pola hidup kita menjadi lebih sehat.

·         Bagaimana Mengatasinya?
Untuk berperang melawan radikal bebas, kita harus merubah pola hidup kita menjadi lebih sehat. Hindari stress, jauhi daerah berpolusi, minum minuman kaya oksigen, mengganti makanan instan dengan memperbanyak sayuran dan buah segar, rekreasi ke tempat sejuk atau mencicipi yoga dan meditasi. Ayo berperang melawan radikal bebas!!


Baca artikel aslinya yuukkk : Apa itu Radikal Bebas?

Tidak ada komentar:
Write comments

Hanya komentar yang berkaitan dengan artikel/ postingan yang akan ditampilkan