Senin, 10 Oktober 2011

10 Jenis Makanan untuk Kesehatan Mata

 


Setelah baru saja membahas tentang 12 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mata, penulis akan sedikit berbagi informasi tentang beberapa suplemen atau jenis makanan yang dapat membantu kita menjaga kesehatan mata. Dengan asupan yang tepat dan teratur, maka bisa dipastikan mata kita akan lebih terjaga kesehatannya. Ingat, bukan hanya kulit saja yang perlu dijaga, menjaga mata juga sama pentingnya dengan bagian tubuh yang lain.


1.      Wortel
Sayuran yang satu ini tidak perlu lagi diragukan khasiatnya. Wortel kaya sekali akan beta karoten, yaitu sebuah zat yang akan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A memiliki peran yang sangat penting dalam hal menjaga kesehatan mata. Selain itu, wortel ternyata juga berkhasiat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas.

2.      Kol
Meskipun tidak disarankan untuk penderita maag karena kandungan gasnya yang tinggi, ternyata kol memiliki cukup banyak kandungan vitamin A yang baik untuk memelihara kesehatan mata.

3.       Biji Bunga Matahari
Kandungan selenium yang terdapat pada biji bunga matahari merupakan suplemen ampuh yang dapat mencegah katarak dan juga menjaga mata agar tetap sehat.

4.      Telur
Telur adalah jenis protein yang mudah sekali untuk diperoleh. Namun bukan hanya kaya akan protein saja, telur juga sangat baik untuk merawat kesehatan mata karena kaya akan vitamin A, seng, lutein, lecithin, vitamin B12, vitamin D dan cysteine. Lutein merupakan zat yang penting sekali dalam mencegah degenerasi macular ( penurunan penglihatan ) dan katarak.

5.      Brokoli
Sayuran yang terkenal dapat mencegah kanker payudara dan kaya akan anti- oksidan ini ternyata kaya akan zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata seperti kalsium, lutein, vitamin C, sulfaraphane, dan zeaxanthin. Jadi tergiur untuk memasukkan brokoli ke dalam menu harian??

6.      Ikan Salmon
Ikan salmon memiliki kandungan Omega 3 yang dapat menjaga mata dan mencegah katarak. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan vitamin A, vitamin B12, vitamin D, vitamin B6 dan asam folik.

7.      Bawang Putih
Bawang putih adalah jenis rempah yang serba guna. Selain merupakan bahan wajib dalam berbagai jenis menu masakan, bawang putih juga dapat mencegah stroke. Selain itu bawang putih juga kaya akan vitamin C, selenium dan quercetin yang tentunya merupakan nutrisi jempolan untuk menjaga kesehatan mata.

8.      Alpukat
Alpukat adalah buah yang memiliki nutrisi spesial untuk mata. Buah berwarna hijau ini memiliki kandungan lutein yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan buah- buah lainnya. Buah ini juga kaya akan vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan vitamin B6.

9.      Bayam
Sama seperti kol, bayam kaya akan vitamin A, lutein dan zeaxathin yang sangat baik dalam hal menjaga kesehatan mata.

10.  Tomat
Buah berwarna merah menggoda ini kaya akan lycopene dan vitamin C yang keduanya merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Source : Small Crab

Tidak ada komentar:
Write comments

Hanya komentar yang berkaitan dengan artikel/ postingan yang akan ditampilkan